Mengenal lebih dekat Kuliner Wonosobo

12 Jul 2014

Mengenal lebih dekat Kuliner Wonosobo

Assalammualaikum wr.wb Saya akan menceritakan Review kuliner dari kota wonosobo ya walaupun saya belum pernah kesana langsung tapi saya mengatahui sedikit - sedikit tentang yang ada disana.
Saya hanya akan membahas tujuh(7) saja kuliner khas wonosobo, meskipun masih banyak lagi kuliner-kuliner khas wonosobo
Pertama-tama saya akan mereview dari kuliner khas wonosobo . Ini adalah makanan yang paling terkenal di wonosobo , yaitu MIE ONGKLOK MIE ONGKLOK Menjadi makanan yang sangat khas untuk Wonosobo karena dibeberapa daerah jarang ditemukan. Walaupun pernah mencicipi Mie Ongklok di Yogyakarta tapi ada beberapa rasa yang kurang cocok. Saya pikir bukan masalah rasa Mie Ongklok itu sendiri, bisa jadi karena lokasinya juga. Biasanya Mie Ongklok disandingkan dengan Tempe Kemul atau Sate Sapi, ini sifatnya pilihan. Tentunya jika ada keduanya lebih mantap rasanya. Ini adalah gambaran mie ongklok :
Dan yang kedua dari kuliner khas wonosobo ini adalah tempe kemul, mungkin anda belum pernah menemukan gorengan ini di daerah anda memang gorengan ini sangat sulit dicari karena gorengan ini hanya berada di wonosobo . gorengan ini sangat cocok sebagai pendampim mie ongklok
Yang ketiga adalah Nasi Megono , nasi megono ini jelas terbuat dari nasi tapi Nasi ini dicampur dengan sayur dengan sedikit parutan kelapa dan dengan rasa asin ini memang tergolong makanan khas Wonosobo yang sudah ada dari dulu, Makanan ini sangat enak jika dimakan pagi hari. nasi megono sepertinya sudah menjadi bagian keseharian warga masyarakat Wonosobo, Mereka layak membanggakan hal itu. Ungkapan yang pas untuk menggambarkan suasana ini adalah : “Serasa belum sarapan kalau belum menyantap nasi megono”, atau lebih ekstrim lagi dikatakan “tiada hari tanpa nasi megono”. Menu yang hampir sama racikannya sebenarnya juga ada di daerah Pekalongan dan Temanggung, meski agak beda komponen produknya.
keempat adalah Sate tahu supar dari nama nya saja sudah terlihat , makanan ini adalah tahu tapi disela sela terdapat beberapa bakso . makanan ini memang sangat digemari oleh kalangan anak muda (ABG) karena memang sangat unik makanan ini , selain rasanya yang enak dan beda dari yang lain panjang sate ini kurang lebih dari 30-45cm . katanya sate ini bertempat di alun - alun wonosobo.

Selain sate tahu supar diwonosobo juga terdapat sate ayam kertek sate ayam kertek ini berbeda dengan sate ayam yang lainnya , karena dari sisi penyajian pun berbeda selain itu Rasanya pun sangat berbeda dengan sate ayam yang sering kita jumpai. Sate ini pun tidak ditusuk seperti sate-sate ayam lainnya.Banyak macamnya Sate Kertek ada yang sate sayap, sate daging dada, atau pun jeroan.Untuk sayap ayam ditusuk satu sayap menjadi satu tusuk.Daging dada ayam tidak dipotong-potong kecil-kecil namun potongan besar daging ditusukkan dalam satu tusuk. Lontongnya pun tidak disajikan yang hanya terpotong tapi menggunakan kuah. Apalagi jika ditambahkan bumbu kacang dan sambal cabe hijau.

Yang keenam adalah soto sapi pak tarmudji selain nasi megono yang cocok untuk sarapan pagi , soto sapi ini juga cocok sebagai sarapan pagi
Dan yang terakhir yang paling khas di wonosobo yaitu CARICA GEMILANG, Mengenai rasa dan kualitas Carica Gemilang ? Jangan ditanya! Menurut saya, produk dalam negeri Carica Gemilang ini adalah satu-satunya Carica , dari banyak merk Carica yang lebih mengedepankan kualitas rasa. Buah Carica dipilih, diolah dengan higienis dengan sistem yang pas sehingga dihasilkan produk kreatif Indonesia yang mantap rasanya. Pengerjaannya pun secara khusus, dengan memanfaatkan tenaga kerja dari warga sekitar tempat produksi dengan harapan dapat membuka lapangan pekerjaan. Buah Carica-nya sendiri yang masih fresh langsung dikirim oleh petani Carica dari Dieng, Wonosobo. Setelah proses pengolahan dan pengawasan yang ketat, manisan buah yang dihasilkan oleh Carica Gemilang ini kenyal, tidak lembek dan tidak keras. Warna-nya pun dijaga, tidak menggunakan pengawet buatan ataupun pewarna buatan. Rasa sirup dari produk Indonesia ini manisnya pas, tidak membuat eneg,
Saya mengucapkan selamat atas hari jadinya yang ke 189 tahun , dan semoga kuliner kuliner khas wonosobo dikenal dan disukai oleh seluruh masyarakat indonesia.

Postingan artikel ini diikutsertakan dalam Giveaway #HariJadiWonosobo189


TAGS HariJadiWonosobo189


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post